Pandangan Manajemen Kualitas

Pandangan Tradisional Pandangan Modern
Memandang kualitas sebagai isu teknikal Memandang kualitas sebagai isu bisnis
Usaha peningkatan kualitas dikoordinasikan oleh manajer kualitas. Usaha peningkatan kualitas diarahkan oleh manajemen puncak
Memfokuskan kualitas pada fungsi atau departemen produksi Kualitas mencakup semua fungsi/departemen dalam organisasi
Produktivitas dan kualitas merupakan sasaran yang bertentangan Produktivitas dan kualitas merupakan sasaran yang bersesuaian, karena hasil-hasil produktivitas dicapai melalui peningkatan atau perbaikan kualitas
Kualitas didefinisikan sebagai konformans (conformance) terhadap spesifikasi atau standar. Membandingkan produk terhadap spesifikasi. Kualitas secara tepat didefinisikan sebagai persyaratan untuk memuaskan kebutuhan pengguna produk atau pelanggan (customers). Membandingkan produk terhadap kompetisi dan terhadap produk terbaik di pasar.
Kualitas diukur melalui derajat  nonkonformans (nonconformance), menggunakan ukuran-ukuran kualitas internal Kualitas diukur melalui perbaikan proses/produk dan kepuasan pengguna produk  atau pelanggan secara terus-menerus, menggunakan ukuran-ukuran kualitas berdasarkan pelanggan
Kualitas dicapai melalui inspeksi secara intensif terhadap produk Kualitas ditentukan melalui desain produk dan dicapai melalui teknik pengendalian yang efektif, serta memberikan kepuasan selama masa pakai produk (product life cycle)
Beberapa kerusakan atau kecacatan diijinkan, jika produk telah memenuhi standar kualitas minimum Cacat atau kerusakan dicegah sejak awal melalui teknik pengendalian proses yang efektif (zero defect orientation)
Kualitas adalah fungsi terpisah dan berfokus pada evaluasi produksi Kualitas adalah bagian dari setiap fungsi dalam semua tahap dari siklus hidup produk (product life cycle)
Pekerja dipermalukan apabila menghasilkan kualitas yang jelek Manajemen bertanggung jawab untuk kualitas
Hubungan dengan pemasok bersifat jangka pendek dan berorientasi pada biaya/harga pembelian yang murah Hubungan dengan pemasok bersifat jangka panjang dan berorientasi pada kualitas
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s