GOING PUBLIC (Go Public)

GOING PUBLIC

Go Public diartikan sebagai upaya ketika seorang wirausahawan atau perusahaan melakukan suatu kerjasama dengan menjual bagian perusahaan dalam bentuk saham di pasar modal yang terdaftar di Bursa Efek.

Dalam melakukan go public, terdapat beberapa keuntungan & kerugian sebagai berikut :

  • Keuntungan.

-         Perusahaan akan dapat meningkatkan modal kerja.

-         Meningkatkan kemampuan untuk meminjam dana.

-         Meningkatkan kemampuan untuk memperoleh modal kerja.

-         Meningkatkan citra perusahan

-         Kemakmuran pribadi.

  • Kerugian

-         Meningkatnya resiko kewajiban.

-         Biaya yang meningkat.

-         Regulasi dari kebijakan prosedur tata kelola perusahaan yang baik.

-         Keterbukaan Informasi.

-         Tekanan untuk mempertahankan pertumbuhan.

-         Hilangnya kontrol terhadap perusahaan.

ALTERNATIF-ALTERNATIF UNTUK GOING PUBLIC

Secara umum ada dua alternatif yang digunakan untuk go public, yaitu : Private Placement dan Pinjaman Bank.

Private Placement of Securities khususnya dengan institusi investor, perusahaan asuransi dan perusahaan investasi atau dana pensiun adalah satu cara untuk memperoleh kebutuhan akan dana dengan keterlibatan publik lebih sedikit. Dana-dana ini biasanya dalam bentuk hutang jangka pendek dan jangka panjang, dengan tingkat bunga mengambang atau preferred stock dengan persyaratan-persyaratan pembagian khusus. Private Placement kebanyakan mengandung perjanjian terbatas yang diharapkan bukan untuk menghambat operasi-operasi spekulasi, namun untuk melindungi investor dan mengijinkan investasi dapat dicairkan pada waktunya.

Pinjaman Bank, biasanya digunakan untuk meningkatkan dana, walaupun harus memberikan jaminan dari perusahaan tersebut. Jaminan ini biasanya dalam bentuk kontrak, piutang, mesin, peralatan kerja, tanah atau bangungan yang merupakan asset yang dapat dihitung/dinilai. Pinjaman bank biasanya dibuat dalam jangka pendek atau jangka menengah dengan bunga mengambang. Jadwal pembayaran dan batasan perjanjian alternatif pembiayaan ini juga bisa menjadi penghalang dalam penggunaan dana.

Alternatif lain dalam pembiayaan perusahaan adalah dapat diperoleh dari pinjaman non bank seperti perusahaan leasing peralatan, hipotik bank, supplier dan sebagainya. Biasanya sumber alternatif ini memberikan wirausahawan fleksibilitas penggunaan dana dibanding bank.

PENGATURAN WAKTU GO PUBLIC DAN PEMILIHAN PENJAMIN EMISI

Ada dua isu-isu yang paling kritis dalam suatu penawaran public yang sukses yaitu : pengaturan waktu penawaran dan tim penjamin emisi. Seorang wirausahawan perlu mencari nasihat dari beberapa penasehat/konsultan keuangan seperti juga wirausahawan lain yang terbiasa dengan proses di dalam membuat keputusan-keputusan di dalam dua  area-area ini.

Pengaturan Waktu

Apakah aku siap untuk Go Public? Ini adalah wirausaha itu sebuah pertanyaan yang kritis sebelum meluncurkan usaha menjadi go public.

Beberapa ukuran-ukuran untuk mengevaluasi dalam membuat  keputusan ini diindikasikan sebagai berikut :

Pertama, apakah kapasitas dari perusahaan sudah cukup/mampu? Bisa jadi harus menyesuaikan dengan standar-standar ukuran/jumlah minimum yang sudah ditetapkan baru bisa menjadi go public. Contoh; New York perusahaan investasi perbankan New York menyukai sedikitnya 100,000 saham yang ditawarkan pada harga sedikitnya $ 20 per saham. ini bahwa sebuah perusahaan  harus mempunyai nilai  paling tidak sebesar $ 50 juta untuk tujuan mendukung rencana go public, $ 20 juta di tawarkan menjadi nilai saham yang mewakili tidak lebih dari 40 persen jumlah keseluruhan asset perusahaan.

Kedua, berapa besar pendapatan perusahaan dan seberapa kuat kemampuan keuangan perusahaan? tidak hanya penilaian terhadap kemampuan/performa perusahan saja, tetapi itu juga menentukan jika perusahaan kesuksesan proses go public dan jenis dari penjamin emisi. Dan juga bermacam criteria yangn dilihat perubahannya dari tahun ke tahun, dengan demikian mencerminkan kondisi-kondisi pasar, secara umum satu perusahaan harus mempunyai sedikitnya satu tahun penjualan dan pendapatan yang dilihat bagus sebelum penawaran sahamnya akan bisa diterima oleh pasar. Perusahaan penjamin emisi lebih besar mempunyai lebih ukuran-ukuran ketat, seperti penjualan setinggi $ 15 juta sampai$ 20 juta, $ 1 juta lebih untuk kriteria laba bersih, dan 30 sampai 50 persen laju pertumbuhan tahunan.

Ketiga, apakah kondisi pasar baik selama satu penawaran saham perdana? Mendasari pada pendapatan dan penjualan, seperti juga ukuran menawarkan, apakah berlaku kondisi pada pasar umum. Kondisi pasar mempengaruhi kedua-duanya harga awal bahwa wirausahawan akan menerima untuk saham dan aftermarket, atau nilai prestasi saham setelah penjualan perdana. Beberapa kondisi pasar lebih baik untuk IPO dibanding yang lain. Kecuali jika kebutuhan akan dana/modal itu mendesak, maka waktu penundaan menjadi sangat mustahil, wirausahawan perlu menempat perusahaanya dalam proses go public di dalam kondisi pasar paling baik.

Keempat, sebagaimana penting dana/modal yang diperlukan? wirausahawan harus menilai secara hati-hati antara akan kebutuhan untuk dana baru dan ketersediaan modal luar dari  sumber lainnya. Karena sejak penjualan saham, sifat investasi kepemilikan wirausahawan berkurang, muncul pemilik-pemilik ekuitas lain, untuk jangka panjang sebelum menawarkan saham pada umum, pertumbuhan penjualan dan keuntungan-keuntungan terjadi, semakin sedikit persen dari kepemilikan ekuitas wirausahawan semakin kecil pembagian hasil yang ada. Masuk bursa adalah sering satu-satunya metoda dengan mana perantara saham boleh memperoleh dana yang diperlukan.

Pemilihan Penjamin Emisi

Sekali ketika wirausahawan sudah menentukan bahwa pengaturan waktu untuk menawarkan saham pada umum adalah tepat maka dia harus secara hati-hati memilih satu pengelola penjamin emisi yang akan kemudian memelopori di dalam sindikat penjamin emisi gambaran fluktuasi harga dan pasar komoditas. Penjamin emisi menjadi arti penting kritis di dalam menetapkan harga untuk persediaan perusahaan, mendukung saham di dalam aftermarket, dan kuat dalam membuat analisis keamanan.

Walaupun kebanyakan penawaran publik diselenggarakan oleh satu sindikat dari penjamin emisi, wirausahawan harus memilih dan memimpin atau mengelola penjamin emisi. Pengelolaan penjamin wasiat kemudian mengembangkan sindikat dari penjamin emisi untuk penawaran saham perdana. Wirausahawan perlu idealnya mengembangkan satu hubungan dengan beberapa potensi yang memanage penjamin emisi (bankir investasi) sedikitnya satu tahun sebelum menawarkan saham pada umum. Sering, ini terjadi sepanjang putaran pertama – kedua periode keuangan, bila nasihat dari suatu bankir investasi/ penjamin emisi membantu struktur pengaturan-pengaturan keuangan untuk memposisikan perusahaan untuk melakukan go public lagi.

Sejak memilih bankir investasi adalah satu faktor utama di dalam sukses menawarkan, wirausahawan perlu mendekati satu melalui suatu kontak timbal balik. Bank Komersial, pengacara-pengacara yang mengkhususkan di dalam pekerjaan sekuritas, Akunting Publik, penyedia-penyedia pembiayaan yang awal, atau anggota-anggota terkemuka dewan direksi. wirausahawan perlu memperhatikan beberapa ukuran-ukuran di dalam proses pemilihan, seperti reputasi, kemampuan penyebaran. jasa, pengalaman, dan pendukung.

Karena satu penawaran saham perdana jarang melibatkan satu perkumpulan terkenal, pengelola penjamin emisi memerlukan satu reputasi baik untuk mengembangkan satu regu yang solid dan menyediakan pemodal-pemodal potensial. Reputasi ini membantu jual penawaran publik dan saham di dalam aftermarket. Etika penjamin emisi potensial adalah aspek/pengarah harus secara hati-hati dievaluasi.

Sukses menawarkan juga tergantung pada kemampuan penyebaran penjamin emisi. satu wiraswasta ingin persediaan perkumpulan nya yang dibagi-bagikan sampai sama lebar dan variod satu basis atau dasar sama mungkin. Karena masing-masing perbankan investasi mempunyai satu klien berbeda dasar, wiraswasta perlu bandingkan basis klien dari pengelola penjamin emisi mungkin. Apakah klien dasar betul-betul kelembagaan atau apakah (itu) terdiri atas investor perorangan? Atau apakah (itu) seimbang antara keduanya? Apakah basis atau dasar lebih secara internasional atau domestically oriented? pemodal-pemodal jangka panjang atau spekulator-spekulator? apa itu adalah penyebaran geografi, regional, lokal, atau di seluruh Negara / grup dan pengelola penjamin emisi dengan satu basis atau dasar klien mutu akan membantu inventarisasi dengan baik proses pelaksanaan di dalam aftermarket.

Beberapa penjamin emisi lebih mampu dibanding (orang) yang lain untuk menjadi badan penasehat keuangan & investasi. walaupun faktor ini adalah bukan sepenting seperti sebelumnya dua di dalam memilih satu penjamin emisi, nasehat keuangan adalah sering diperlukan di depan dan setelah Emisi perdana. Seorang wirausahawan perlu mempunyai pertanyaan seperti berikut : apakah penjamin emisi dapat menyediakan nasehat/ide keuangan yang baik? apakah penjamin emisi mempunyai nasehat/saran keuangan yang baik seperti klien-klien sebelumnya? Apakah penjamin emisi mampu melihat masa depan publik atau keuangan swasta? jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan menandai (adanya) derajat/tingkat dari kemampuan antar penjamin emisi prospektif. Seperti yang dicerminkan di dalam pertanyaan-pertanyaan sebelumnya, pengalaman perbankan investasi sangat penting. Penjamin emisi harus mempunyai pengalaman dalam isu-isu mengenai perusahaan yang sama ataupun kurang lebih industri yang sejenis. Pengalaman ini akan memberi kredibilitas pengelola penjamin emisi, kemampuan untuk menjelaskan perusahaan untuk menginvestasikan publik, dan kemampuan untuk menghargai Emisi perdana dengan teliti.

Faktor akhir yang perlu dipertimbangkan adalah mengatur biaya-biaya penjaminan emisi. Masuk bursa adalah satu pilihan yang sangat mahal, dan biaya-biaya dapat bertukar-tukar dengan diantara penjamin emisi. Biaya-biaya berhubungan dengan berbagai pengelola penjamin emisi mungkin harus hati-hati melalui pertimbangan empat faktor tadi. Kuncinya adalah untuk memperoleh penjamin emisi kemungkinan terbaik dan tidak mencoba sampai berhenti di sudut, yang diberi taruhan yang dilibatkan dalam suatu penawaran saham perdana sukses.


PASCA GO PUBLIC

Setelah penawaran perdana saham ke publik terjual, ada hal-hal yang harus diperhatikan bagi wirausahawan. Hal-hal termasuk aftermarket support (kegiatan-kegiatan underwriter untuk membantu dukungan harga saham sehubungan dengan penawaran ke publik), hubungan dengan komunitas finansial dan melaporkan persyaratan.

Aftermarket Support

Setelah saham dilepas ke publik, harganya akan dimonitor, khususnya pada minggu-minggu awal setelah penawaran perdana. Untuk menstabilkan pasar dan mencegah harga sahamnya turun di bawah harga penawaran perdana, underwriter biasanya menawar untuk membeli saham pada tahap-tahap awal setelah ditawarkan ke umum, untuk memberikan dukungan pasar. Dukungan ini penting agar harga saham tidak turun setelah penjualan perdana.

Hubungan dengan Komunitas Finansial

Setelah perusahaan Go Public, komunitas finansial biasanya sering memperhatikan. Seorang wirausahawan perlu menambah waktu untuk mengembangkan hubungan dengan komunitas ini. Hubungan yang dibuat ini memiliki efek yang signifikan di pasar dan harga saham perusahaan. Sejak semakin banyaknya investor mempercayakan pada analis dan broker untuk saran investasi, wirausahawan harus berupaya untuk sesering mungkin bertemu dengan analis dan broker saham. Pertemuan rutin dengan komunitas analis sekuritas adalah bagian dari membina hubungan dengan mereka, seperti pernyataan ke publik melalui press release. Secara rutin, ada baiknya direkrut seorang di perusahaan sebagai juru bicara, untuk memastikan bahwa pers, publik, analis sekuritas ditangani sebagai ramah dan baik. Tidak ada yang lebih buruk daripada sebuah perusahaan publik yang tidak merespon permintaan informasi.

Sistem Pelaporan

Perusahaan yang sudah Go Public, harus memberikan laporan tahunan, triwulan dan transaksi-transaksi khusus ataupun laporan kegiatan.

-     Informasi pada laporan tahunan memuat aktifitas bisnis, manajemen, aset perusahaan dan laporan keuangan yang telah diaudit.

-     Informasi pada laporan triwulan memuat informasi keuangan yang belum diaudit berjalan selama 3 bulan berjalan.

-     Informasi Kegiatan harus dilaporkan pada waktu 2-5 hari seperti akuisisi, perubahan aset yang besar, mundur akuntan publik perusahaan ataupun perubahan pemegang kendali perusahaan.

MITOS-MITOS BERKAITAN DENGAN GO PUBLIC

Secara umum ada 8 mitos yang berkaitan dengan isu-isu penting untuk wirausahawan dalam rangka Go Public perusahaannya, yaitu :

MITOS

KETERANGAN

1. In this market, High Tech is the name of the game. Perusahaan-perusahaan yang berhubungan dengan teknologi tinggi memiliki perhatian lebih oleh investor seperti : Perusahaan Kesehatan, Teknikal, Teknologi Komputer, juga perusahaan retail.
2. Jika semua lancar, jangan khawatir pasca IPO. Perusahaan harus memperhatikan kondisi pasar khususnya 6-9 bulan pasca IPO. Hal-hal kecil yang mengecewakan mengenai perfoma dari perusahaan akan mempengaruhi harga saham.
3. Para analis akan terus memperhatikan aktifitas perusahaan.
4. Perusahaan wirausahawan baru akan terus menjadi perhatian. Perusahaan harus lebih diperhatikan aktifitasnya. Wirausahawan ketika menjadi perusahaan publik berada di urutan paling bawah piramida sedangkan investor, penjamin dan bank investasi dan spekulan berada di atasnya.
5. Anda harus mampu membuat profit untuk mendapat perhatian baik di pasar yang  ini. Hati-hati dengan penilaian dan tingkat keuntungan. Wirausahawan harus menghindari investasi yang tidak perlu dan lebih memperhatikan hasil operasional yang positif dan meningkatkan harga saham sejalan dengan performa perusahaan
6. Memiliki asset yg besar secara cepat.
7. Selama waktu IPO, anda jadi pusat perhatian. Jika perusahaan telah siap dan pasar dipredikasi baik, perusahaan diharapkan melanjutkan upaya IPO tanpa harus memperhatikan mitos-mitos sehubungan dengan masa depan perusahaan
8. Ada yang tahu kemana pasar IPO diarahkan.
About these ads

Komentar ditutup.